Jumat, 28 November 2014

citra ikonos

Peta Objek PBB Hasil Identifikasi Citra Ikonos
Abstrak. Citra Ikonos adalah citra satelit yang memiliki resolusi spasial tinggi dengan ketelitian piksel satu meter untuk pankromatik dan empat  meter untuk multispektral. Spesifkasi ini memberikan citra ikonos kemampuan merekam obyek sebesar satu meter. Oleh karena itu penggunaan citra Ikonos untuk mengidentifikasi obyek Pajak Bumi dan bangunan (PBB) sangat dimungkinkan.Untuk mengetahui kemampuan citra Ikonos dalam identifikasi objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat ketelitian interpretasi citra Ikonos untuk identifikasi objek PBB, memetakan obyek PBB berdasarkan hasil interpretasi citra Ikonos, dan mengevaluasi Peta Blok dari hasil survey lapangan menggunakan peta hasil interpretasi citra Ikonos.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif geografi.Pengumpulan data dilakukan melalui interpretasi citra Ikonos, uji lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis tingkat interpretasi citra, analisis peta, dan analisis overlay. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat interpretasi citra Ikonos untuk identifikasi obyek PBB adalah 89,54% dan kesalahan komisi adalah 10,46%. Hasil evaluasi peta Blok menggunakan hasil intrepretasi citra Ikonos terdapat 269 obyek pajak belum terdaftar dalam peta Blok PBB.Dapat disimpulkan bahwa citra Ikonos dapat digunakan sebagai sumber data utama untuk identifikasi objek
Key words :citra ikonos, interpretasi citra, identifikasi obyek, penginderaan jauh, obyek Pajak Bumi dan Bangunan.
Pengantar
Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah atau gejala yang dikaji (Lillesand dan Kiefer, 1990: 5).
Pengumpulan data dalam penginderaan jauh dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan sensor buatan.Sensor merekam tenaga yang dipantulkan atau dipancarkan oleh objek di permukaan bumi.Setelah diproses, rekaman tenaga ini membuahkan data penginderaan jauh.Dengan melakukan analisis terhadap data yang terkumpul ini dapat diperoleh informasi tentang obyek, daerah, atau gejala yang dikaji.
Citra penginderaan jauh merupakan gambaran yang menyerupai wujud asli dari objek yang direkam.Identifikasi objek di lapangan melalui citra dapat dilakukan dengan intepretasi atau penafsiran citra penginderaan jauh, agar dapat menilai arti pentingnya objek tersebut (Purwadhi, 2001: 22).Kualitas objek yang terekam pada citra bergantung pada resolusi citra tersebut.Menurut Purwadhi (2001: 18-19), resolusi adalah parameter limit atau daya pisah objek yang masih dapat dibedakan.
Ikonos adalah satelit milik Space Imaging (USA) yang diluncurkan bulan September 1999 dan menyediakan data untuk tujuan komersial pada awal 2000.Ikonos adalah satelit dengan resolusi spasial tinggi yang merekam data multispektral 4 kanal pada resolusi 4 m dan sebuah kanal pankromatik dengan resolusi satu meter.Ini berarti Ikonos merupakan satelit komersial pertama yang dapat membuat image beresolusi tinggi (Rovicky, 2006: 1). Spesifikasi ini memberikan kemampuan Citra Ikonos untuk dapat merekam obyek lebih detai dibandingkan dengan citra lain yang memiliki resolusi spasial yang lebih rendah.Karakteristik satelit ikonos diperlihatkan dalam Tabel 1.
Tabel 1. Karakteristik Satelit Ikonos
Elemen
Keterangan
Launch Date
24 September 1999
Vandenberg Air Force Base, California
Operational Life
Over 7 Years
Orbit
98.1 degree, sun synchronous
Speed on Orbit
7.5 kilometers (4.7 miles) per second
Speed Over the Ground
6.8 kilometers (4.2 miles) per second
Number of Revolutions Around the Earth
14.7 every 24 hours
Orbit Time Around the Earth
98 minutes
Altitude
681 kilometers (423 miles)
Resolution
Nadir: 0.82 meters (2.7 feet) panchromatic 3.2 meters (10.5 feet) multispectral 26° Off-Nadir 1.0 meter (3.3 feet) panchromatic 4.0 meters (13.1 feet) multispectral
Image Swath
11.3 kilometers (7.0 miles) at nadir
13.8 kilometers (8.6 miles at 26° off-nadir)
Equator Crossing Time
Nominally 10:30 a.m. solar time
Revisit Time
Approximately 3 days at 1-meter resolution, 40° latitude
Dynamic Range
11-bits per pixel
Image Bands
Panchromatic, blue, green, red, near infrared
Sumber: Space Imaging (2003: 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar